30/08/08

NatURalis ELementer

Nurel Javissyarqi
http://www.sastra-indonesia.com/

Waktu-Waktu Yang Digaris Bawahi

Setelah beberapa waktu perjalankan tubuh keliaran imaji menerka kejadian lalu di sekitar pengembaraan, sebagai mata uang lain selain membaca buku. Persoalan terfokus di satu titik perasaan, kejadian obyektif bagi bahan pengulangan demi meyakinkan observasi mencapai tangga lebih tinggi, lompatan menuju dunia ide.

Wewaktu digaris bawahi itu masa-masa bukan berdasarkan luangnya waktu semata atau menggebunya aktivitas terselesaikan tidur. Wewaktu merupakan barisan masa teruntuk kedekatan realitas membaca wacana berupa rindu kenangan.

Perolehan gesekan tajam yang bukan berangkat dari hati memendam hasutan. Tapi kepaduan penyelidikan berkesadaran menerima situasi demi bahan banding menjadi pelengkap niat menuju keteguhan.

Ketakutan bertindak berjalan melewati tulisan ialah tidak beralasan atas bahayanya jaminan kwalitas. Sebab hasil pengembaraan belum sampai terjual jika durung diperdagangkan serupa pencerahan.

Kita tak perlu berhitung matemastis akan gairah kesempatan atas kesepakatan keberanian melangkah. Bukankah perasaan menandaskan perbedaan, jika dimasukkan jenjang keterjagaan, merawat ingatan demi denyutan gairah waktu digaris bawahi.

Itu momentum ketepatan rasa menjelma formula. Bagaimana pun lemahnya yang digaris bawahi tetap terlahirkan. Walau persoalan mutu sebuah pengakhiran patut diterima demi lantasan selanjutnya.

Wujud yang dimaknai berasal kehalusan pekerti atas bertugasnya kalbu berdenyutan gelombang ke pantai. Suatu warna dirawat halus mencipta bunga menawan, menggiurkan anak nelayan bermata pandang pengetahuan.

Kita kembara tak habis selesai, terus mengevolusi diri ke wilayah esensial demi perjamuan akhir malam bertautan ruh. Kesadaran melewati batas titian harus diperjalankan mencapai warna ganjil tempaan. Tidakkah yang miris di hati jua pernah bersarang dari realitas sosial?

Kalau menilik kurun waktu manunggalnya keabadian karya, akan terketahui tak seberapa kalimah di buku-buku tiada lain jalan biasa, pengulangan yang memberi secumput sumbangsi. Jika gemuruh dada tak membuka lebar-lebar kemungkinan lain dari waktu-waktu digaris bawahi.

Saya ajak saudara ke wilayah dipersuntukkan diri dari beberapa kebersiapan naluri menarik pengembaraan empiris yang didealektik bersama nalar telah ada. Membaca satuan masa, guna perimbangan materialis-eksistensialis, soasialis dan naturalis.

NatURalis ELementer

Sebelumnya biarkan saya tertawa berbahak, agar racun keegoisan menguap melewati pencernaan jiwa dalam menggagas ini ke muka. Teknik keberlawanan berusaha mengikis kebahagaian temuan kebablasan, agar nanti tidak mengalirkan racun yang dimulai mentahnya perolehan masa-masa.

Terus terang saya geli menceritakan pendapatan ini, serupa saat-saat mengintip soal besar lewat beberapa jari tangan menyilang. Atau diri ini sedang malu-malu sebagai bahan pokok kalau nanti dipersoalkan.

Tidaklah gampang meruncingkan keadaan tanpa melewati tahan tertentu seperti kerja dipaksa tidak mengindahkan kesakitan, al hasil jadi bahan tertawaan. Tapi seberapa lama garis tawa menuju keseriusan. Detik-detik persamaan itu, mutu gagasan tak menjadi guyonan, namun menjelma guyuran sejuk atas keringat diperdalam merasai keseriusan.

Lelembaran terbangun ini mata rantai yang mudah dijabarkan lewat berlainan warna, ketika senaturalis elementer. Memang benar suatu konsep takkan komplit kalau tak direalisasikan, maka berangkatlah berkaki-kaki kesadaran nyawa.

Manusia dipersipkan sebagai makluk sempurna bersegala ingatan-kelupaan menuju kesadaran terawat menjelma terkuat menjalani hari-hari terus bertambah. Sejarah berulang dan pengejaran akan bayang tak pernah sampai kecuali ke titik kulminasi, drajad penyeimbang kendali sumbu yang dikeluarkan dari sikap optimis.

Pelajaran meningkatkan pendewasaan diri terbuka atas angin selatan-utara, timur barat jadi zaitun berkembang, berbunga di taman peradaban. Mengambil saripati beda pendapat atas dialektika positif yang berangkat dari naluri bodoh diawalnya.

Kita ambil unsur perubahan yang tampak sanggup mengendalikan suatu waktu, sebab telah banyak kecelakaan terjadi atas fanatisme, hati tak membangun rasio perasaan. Ini terpetik demi mencapai kedudukan yakin akan naturalis elementer; pembelajaran beberapa kasus kegagalan, ditarik ke dalam dada pencerah, bukan melewati ruang-waktu sama yang tak patut digaris bawahi.

Sebab suatu proses bagaimana pun kemiripannya tetap memiliki perbedaan pun persamaan gandanya mempunyai sifat berbeda. Ini patut diselidiki jauh ke dalam, bahan sudah ada dijadikan penyeimbang, meski membangun daya di garis tengah amat was-was menegangkan.

Batas Genius dan Goblok

“Dunia seperti baru saja terbentuk, sehingga banyak benda belum mempunyai nama dan untuk menyatakan benda-benda itu, kita harus menunjukkannya” (One Hundred Years of Solitude, G.G. Marquez).

Kabut mitos itu jawaban tak mematikan. Berada di ruang tinggi diselimuti lamur pegunungan, diterangi cahaya imaji berpelangi pengertian bagi memperhatikan.

Tidakkah kepastian konsep kenyataan kongkrit yang diadakan dari konstruksi pemikiran pun asumsi banyak orang seperti uap menggapai realitas, diterima sebagai kepastian. Meski dalam kurungan definisi kelompok masyarakat, namun terus mengevolusi mengupas keberadaannya sampai kenyataan tidak terbantah.

Mitos diperankan orang-orang bodoh yang tak mau menyebut suatu tanda dijadikan nama. Berangkat dari orang gigih mencari kebenaran hakiki, dengan tak langsung percayai meski kebenaran umum. Ia memiliki mata kecurigaaan tajam, perasaan peka bisikan kalbu yang dikelolah jiwa tangguh menghadapi terpaan gunjingan.

Penolakan dengan menuntut alasan semula keyakinan dibalik. Dibalik kemungkinan tersembunyi, ada keharusan ditempatkan, meski dilain masa tersapu mundur keberadaannya. Sebab pola di sekeliling mengharuskan satuan sikap konstruktif.

Olehnya mitos itu musuh penampakan rayu sebab pemilik jiwa sanggup memitos, mengetahui permukaan bedak, jika disinari cahaya keremangan senja atau waktu sempit ditentukan malam. Mitos dimaksudkan membuang undang-undang kepastian diganti pertimbang elastis, sinaran imbang mengelupas bedak perayu lewat akalan.

Di bagian terpisah, orang pintar menandatangani penemuanya dengan penghakiman selera yang tampak menyamaratakan sakit. Pengkotak wilayah demi kemajuan yang katanya membawa merata. Namun yang terjadi penindasan terus bertabrak jungkir balik. Saling tumbuk atas selera masing-masing di segenap wacana perdagangan, gerakan pencarian prestasi yang berangkat dari gengsi dan habis oleh kesia-siaan.

Benar jika peraturan diberlakukan akan baik, membebaskan persoalan. Tapi apakah benar seluruhnya jika salah satu cabang aturan mulai dilenakan? Akan merambat ke puncak hitungan pengelabuhan undang-undang, semisal menampakkan selera humor, padahal sedang tidak dalam keadaan senang.

Tidakkah ketika bungkus bermain sugesti berperan, padahal nyatanya demi merayu pendengar yang ringan tangan bertepuk tangan. Sebab para pesaksi itu dari lahir otaknya tidak digerakkan. Lalu saya bertanya pada pembuat aturan: “Apakah kau bangga menjajah masyarakat?”

Tetap saja kau mengekspoitasi, meski hati kecil punya rasa malu atas kebodohan berpakaian genius. Lagi-lagi saya cuplik kalimat Marquez dari One Hundred Years of Solitude: “Seseorang takkan terikat pada suatu tempat sampai ada yang meninggal dan dikubur di sini, di tanah ini.”

Saya teringat kematian Socrates di taman pengetahuan. Kematian yang dipaksa menancapkan tanda, lalu diusung ke mana saja hingga semua orang dilewatinya mempercayai.

Di kedalaman hati saudara saya bertanya: “Apakah kenyataan sesungguhnya itu di ujung kenyataan badan, dalam kenyataan fikiran?“

Di sini saya tak ingin jawaban langsung bertubi-tubi apun mengendap. Saya ingin itu kau simpan demi temukan kepastian. Perubahan yang teralami akan menuntun pada jawaban sebenarnya.

Akan sampai ke puncak keseriusan, meski tak di bangku kuliah. Kau selalu merawat rindu demi kepastian diri. Inikah watak genius, para pemitos yang tak sengaja mencipta atas pantulan pesona dirinya. Kenyataan paling esensial perubahan, mengedepankan perasaan menjelajahi fikiran sehatnya lagi jernih tanpa polusi.

Saat menerima mendekati ambang kegilaan, telah kenyang bacaan sewaktu jemari kelelahan menulis persoalan, saat itu memahami batas nalar pekabutan mitologi. Kelelahan, bosan, suntuk, itu struktur rumah atas bangunan rasio. Saya hindari persoalan itu dengan berbagai pola untuk mengurangi, menahan jangan sampai gejala tubuh psikis menggerogoti kalbu, meski sehalus perembesan.

Ada saatnya istirahat atas lelah, namun tak harus demikian menyikapi lingkungan jiwa. Seringkali orang takut kematian, kala itu sebenarnya takut hidup, hakikat jiwanya telah mati. Sebab ketakutan serupa malaikat mengundat pencabutan nyawa. Tatkala itu kau tengah di puncak kenyataan antara hayal logika meruapi melodi kuat menempuh tangga kesejatian. Daerah kepastian terhadapi yang tak memerlukan tumbal, tapi sanggup membuat keyakinan.

Atau orang-orang rasional yang berada di tengah perjalanan, masih bimbang meneruskan lalu tergiur pulang. Lantas mengambil kesimpulan di tengah jalan sebagai jawaban. Sebuah sikap pengecut tak mau membentur perasaan yang membuat berkecamuknya fikiran. Persimpangan mencekit tenggorokan, tak miliki keyakinan datangnya setetes hujan. Sebab itukah kau menganggap tidak logis (?).

Meski seringkali orang-orang genius melewati hari-harinya menemukan keajaiban, tapi tidak memandangnya keajaiban. Katanya itu hal lumrah, namun kenapa tidak melogikakan lebih berani seksama. Apakah hawatir dibilang tidak konsisten atas gagasan semua sedari daya fikir kelewat?

Saya sebagian orang-orang bodoh menerangkan. Apakah itu kepintaranmu dan kau tak mampu berbicara jauh tentang aku, sebab dibatasi kecerdikanmu. Seperti hakim mempelajari kasus, tapi tak berada dalam persoalannya. Sejenis orang menghitung hujan yang tak mau kehujanan. Sedang aku bersama yang lain kehujanan menghitungmu kedinginan berselimutkan ketakutan di rumah keangkuhan.

Keangkuhanmu tidak menerima bahwa kau dungu yang membuatmu lebih dungu. Hanya sekali ini saya masuki urusanmu atas balasanmu terlalu, telah mencampuri persoalan kesunyianku. “Orang baik berangkat dari kedunguan, orang jahat berangkat dari kepintaran.” Itulah yang kuberikan, wahai yang pintar di tengah-tengah bangsaku. Yang kau anggap tak memiliki keyakinan ilmu.

Inilah batasan timur-barat, namun saya tak berada dalam satu sisi. Kami berada di tengah kalian, setelah mengetahui pemikiran barat perasaan timur. Saya yang kau anggap tak miliki pendirian, padahal teguh di tengah. Lalau kau bertanya: “Kenapa kau geser tempat dudukmu, sedang kau sejatinya berada di timur?” Saya jawab: “Itulah yang kau lihat dari jarak kepintaranmu, pun yang lain menganggap saya kanginan kebarat-baratan.”

Saya berusaha sepohon zaitun, jasadku dari timur atau mungkin pemikiranku dari barat, namun hatiku di tengah kalian yang berseteru. Saya harum kembangkan ini agar berdamai, meski kata kalian tak mungkin. Itulah yang kau lakukan, membuang kemungkian demi keuntungan menggencet pihak lain, sehingga hatimu tak berada di tengah sebagai nilai kemanusiaan lestari.

Sampai batas ini, kalian kudu berani menanggalkan keinginan meminum untuk menghilangkan kelelahan, sebab perjalanan masih jauh. Dinaya mengusir haus, sanggup melupakan rindumu menemukan ambang keadilan. Tidakkah ketika beban bertambah, tambah pula kekuatan?

Tidak ada komentar:

A Rodhi Murtadho A. Anzib A. Junianto A. Qorib Hidayatullah A. Yusrianto Elga A.D. Zubairi A.S. Laksana Abang Eddy Adriansyah Abdi Purmono Abdul Azis Sukarno Abdul Aziz Rasjid Abdul Hadi W. M. Abdul Kirno Tanda Abdul Wachid B.S. Abdurahman Wahid Abidah el Khalieqy Abiyyu Abu Salman Acep Zamzam Noor Achiar M Permana Ade Ridwan Yandwiputra Adhika Prasetya Adi Marsiela Adi Prasetyo Adreas Anggit W. Adrian Ramdani Afrizal Malna Afthonul Afif Agama Para Bajingan Aguk Irawan Mn Agus B. Harianto Agus Buchori Agus R. Sarjono Agus R. Subagyo Agus Sulton Agus Sunarto Agus Utantoro Agus Wibowo Aguslia Hidayah Ahda Imran Ahmad Fatoni Ahmad Muchlish Amrin Ahmad Nurhasim Ahmad Sahidah Ahmad Yulden Erwin Ahmad Zaini Ahmadun Yosi Herfanda Ajie Najmudin Ajip Rosidi Akbar Ananda Speedgo Akhiriyati Sundari Akhmad Fatoni Akhmad Saefudin Akhmad Sekhu Akhmad Taufiq Akhudiat Alan Woods Alex R. Nainggolan Alexander G.B. Alhafiz K Ali Shari'ati Alizar Tanjung Alvi Puspita Alwi Karmena Amarzan Loebis Amien Kamil Amien Wangsitalaja Amiruddin Al Rahab Amirullah Amril Taufiq Gobel Amy Spangler An. Ismanto Andrea Hirata Andy Riza Hidayat Anes Prabu Sadjarwo Anett Tapai Anindita S Thayf Anjrah Lelono Broto Anne Rufaidah Anton Kurnia Anton Suparyanto Anung Wendyartaka Anwar Holid Aprinus Salam Ari Dwijayanthi Arie MP Tamba Arif B. Prasetyo Arif Bagus Prasetyo Arif Hidayat Aris Darmawan Aris Kurniawan Arswendo Atmowiloto Arti Bumi Intaran Arwan Tuti Artha AS Sumbawi Asarpin Asef Umar Fakhruddin Asep Sambodja Asep Yayat Askolan Lubis Asrul Sani Asvi Marwan Adam Asvi Warman Adam Audifax Awalludin GD Mualif Awaludin Marwan Bagja Hidayat Balada Bale Aksara Bambang Bujono Bambang Irawan Bambang Kempling Bambang Unjianto Bamby Cahyadi Bandung Mawardi Beni Setia Berita Berita Utama Bernando J. Sujibto Berthold Damshäuser Binhad Nurrohmat Bobby Gunawan Bonnie Triyana Bre Redana Brunel University London Budhi Setyawan Budi Darma Budi Hatees Budi Hutasuhut Budi P. Hatees Budiman S. Hartoyo Burhanuddin Bella Cak Kandar Catatan Cepi Zaenal Arifin Cerbung Cerpen Chairil Anwar Chamim Kohari Cucuk Espe D Pujiyono D. Zawawi Imron Dadang Ari Murtono Dahono Fitrianto Dahta Gautama Damanhuri Damhuri Muhammad Dami N. Toda Damiri Mahmud Danarto Dantje S Moeis Darju Prasetya Darwin David Krisna Alka Dedy Tri Riyadi Deni Ahmad Fajar Denny JA Denny Mizhar Deny Tri Aryanti Dian Hartati Dian Sukarno Dicky Dina Oktaviani Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan Djenar Maesa Ayu Djoko Pitono Djoko Saryono Djuli Djatiprambudi Dodi Ambardi Dody Kristianto Donatus Nador Donny Anggoro Donny Syofyan Dorothea Rosa Herliany Dwi Arjanto Dwi Cipta Dwi Fitria Dwi Kartika Rahayu Dwi Khoirotun Nisa’ Dwi Pranoto Dwicipta Edy Firmansyah Eep Saefulloh Fatah Eka Budianta Eka Fendri Putra Eka Kurniawan Eko Darmoko Eko Hendri Saiful Eko Suprianto Emha Ainun Nadjib Endah Sulwesi Endi Haryono Endri Y Enung Sudrajat Erwin Erwin Dariyanto Erwin Setia Esai Esha Tegar Putra Evan Ys Evieta Fadjar F. Aziz Manna Fadjriah Nurdiarsih Fahrudin Nasrulloh Faidil Akbar Fakhrunnas MA Jabbar Fanani Rahman Farida-Suliadi Fatah Yasin Noor Fathurrahman Karyadi Feby Indirani Felik K. Nesi Fenny Aprilia Festival Sastra Gresik Fikri MS Firdaus Muhammad Firman Nugraha Fuad Nawawi Galang Ari P. Gampang Prawoto Ganug Nugroho Adi Gerakan Literasi Nasional Gerakan Surah Buku (GSB) Gerson Poyk Goenawan Mohamad Grathia Pitaloka Gregorio Lopez y’ Fuentes Gugun El-Guyanie Gunawan Budi Susanto Gunawan Maryanto Guntur Alam Gus tf Sakai Gusti Eka H Marjohan HA. Cholil Mudjirin Hadi Napster Halim HD Hamberan Syahbana Hamdy Salad Hamsad Rangkuti Han Gagas Hanik Uswatun Khasanah Hans Pols Hardi Hamzah Haris del Hakim Haris Firdaus Hasan Gauk Hasan Junus Hasif Amini Hasnan Bachtiar Hasta Indriyana Hawe Setiawan Helwatin Najwa Hepi Andi Bastoni Heri KLM Heri Latief Heri Ruslan Herman RN Hermien Y. Kleden Herry Lamongan Heru Kurniawan Heru Nugroho Hudan Hidayat Hudan Nur Hudel Humaidiy AS Humam S Chudori I.B. Putera Manuaba Ibn Ghifarie Ibnu Rizal Ibnu Rusydi Ibnu Wahyudi Idrus Ignas Kleden Ika Karlina Idris Ilham khoiri Ilham Yusardi Imam Cahyono Imam Muhtarom Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Imron Rosyid Imron Tohari Indiar Manggara Indra Intisa Indra Tranggono Indrian Koto Intan Indah Prathiwie Inung AS Iskandar Noe Iskandar P Nugraha Iwan Nurdaya-Djafar Iyut Fitra J.J. Rizal Jacques Derrida Jafar Fakhrurozi Jafar M Sidik Jafar M. Sidik Jaleswari Pramodhawardani Jamal D Rahman Jamal T. Suryanata Jamrin Abubakar Janual Aidi Javed Paul Syatha Jean Couteau Jean-Marie Gustave Le Clezio Jefri al Malay Jihan Fauziah JJ Rizal JJ. Kusni Jodhi Yudono Johan Edy Raharjo Joko Pinurbo Jokowi Undercover Jonathan Ziberg Joni Ariadinata Joni Lis Efendi Jual Buku Juli Jumari HS Junaidi Jusuf AN Kang Warsa Karya Lukisan: Andry Deblenk Kasijanto Sastrodinomo Kasnadi Katrin Bandel Kedung Darma Romansha Keith Foulcher Khansa Arifah Adila Khisna Pabichara Khrisna Pabichara Kirana Kejora Koh Young Hun Komunitas Deo Gratias Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias Korrie Layun Rampan Kostela (Komunitas Sastra Teater Lamongan) Kristine McKenna Kritik Sastra Kukuh Yudha Karnanta Kurie Suditomo Kurniawan Yunianto Kuswaidi Syafi'ie Kuswinarto L. Ridwan Muljosudarmo Lan Fang Langgeng W Latief S. Nugraha Leila S. Chudori Leo Kelana Leo Tolstoy Lia Anggia Nasution Linda Christanty Liza Wahyuninto LN Idayanie Lukman Santoso Az Luky Setyarini Lutfi Mardiansyah M Abdullah Badri M Aditya M Anta Kusuma M Fadjroel Rachman M. Arman AZ M. Faizi M. Harir Muzakki M. Kanzul Fikri M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S. M. Misbahuddin M. Mushthafa M. Nahdiansyah Abdi M. Raudah Jambak M. Yoesoef M.D. Atmaja Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Makyun Subuki Maman S Mahayana Marcus Suprihadi Mardi Luhung Marhalim Zaini Mario F. Lawi Maroeli Simbolon S. Sn Martin Aleida Martin Suryajaya Marwanto Mashuri Matroni Matroni El-Moezany Mawar Kusuma Max Lane Media: Crayon on Paper Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia MG. Sungatno Misbahus Surur Miziansyah J. Moh. Samsul Arifin Mohammad Eri Irawan Muhammad Antakusuma Muhammad Firdaus Rahmatullah Muhammad Muhibbuddin Muhammad Rain Muhammad Yasir Muhammad Zuriat Fadil Muhammadun A.S Muhammd Ali Fakih AR Muhidin M. Dahlan Mukhlis Al-Anshor Mulyo Sunyoto Munawir Aziz Murnierida Pram Musa Asy’arie Mustafa Ismail N. Syamsuddin CH. Haesy Nandang Darana Nara Ahirullah Naskah Teater Nazar Nurdin Nenden Lilis A Nezar Patria Nina Herlina Lubis Ning Elia Nirwan Ahmad Arsuka Nirwan Dewanto Nobel Noor H. Dee Noval Jubbek Novelet Nu’man ‘Zeus’ Anggara Nunik Triana Nur Faizah Nur Wahida Idris Nurcholish Madjid Nurdin Kalim Nurel Javissyarqi Nuriel Imamah Nurman Hartono Nuruddin Al Indunissy Nurul Anam Nurul Hadi Koclok Obrolan Oka Rusmini Oktamandjaya Wiguna Olivia Kristinasinaga Orasi Budaya Akhir Tahun 2018 Oyos Saroso H.N. Pandu Jakasurya Parak Seni Parakitri T. Simbolon PDS H.B. Jassin PDS. H.B. Jassin Pembebasan Sastra Pramoedya Ananta Toer Pramoedya Ananta-Toer Pringadi Abdi Surya Pringadi AS Prof. Tamim Pardede sebut Bambang Prosa Proses Kreatif Puisi PuJa Puji Santosa Puput Amiranti N PUstaka puJAngga Putu Wijaya Qaris Tajudin R.N. Bayu Aji Radhar Panca Dahana Rahmat Hidayat Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Ranang Aji S.P. Ranggawarsita Ratih Kumala Ratna Sarumpaet Ratu Selvi Agnesia Raudal Tanjung Banua Remy Sylado Rengga AP Resensi Resistensi Kaum Pergerakan Revolusi RF. Dhonna Riadi Ngasiran Ribut Wijoto Ridwan Munawwar Galuh Riki Dhamparan Putra Risang Anom Pujayanto Riswan Hidayat Riyadi KS Rodli TL Rofiqi Hasan Rojil Nugroho Bayu Aji Rukardi S Sopian S Yoga S. Jai Sabrank Suparno Sahaya Santayana Sainul Hermawan Sajak Sakinah Annisa Mariz Salamet Wahedi Salman Rusydie Anwar Samsudin Adlawi Sanggar Teater Jerit Sapardi Djoko Damono Sarabunis Mubarok Sari Oktafiana Sartika Dian Nuraini Sasti Gotama Sastra Sastra Liar Masa Awal Satmoko Budi Santoso Saut Situmorang Sejarah Sekolah Literasi Gratis (SLG) Sekolah Literasi Gratis (SLG) STKIP Ponorogo Selo Soemardjan Seno Gumira Ajidarma Seno Joko Suyono Septi Sutrisna Sergi Sutanto Sevgi Soysal Shinta Maharani Shiny.ane el’poesya Sholihul Huda Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Siswoyo Sita Planasari A Siti Rutmawati Siti Sa’adah Sitor Situmorang Slamet Hadi Purnomo Sobih Adnan Soeprijadi Tomodihardjo Sofyan RH. Zaid Soni Farid Maulana Sotyati Sri Wintala Achmad St. Sunardi Stefanus P. Elu Stevy Widia Sugi Lanus Sugilanus G. Hartha Suherman Sukardi Rinakit Sulaiman Djaya Sunaryono Basuki Ks Sungatno Sungging Raga Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Surat Suripto SH Suryadi Suryanto Sastroatmodjo Susianna Susiyo Guntur Sutan Iwan Soekri Munaf Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Suyadi San Syafruddin Hasani Syahruddin El-Fikri Syaiful Amin Syifa Aulia Syu’bah Asa T Agus Khaidir Tasyriq Hifzhillah Tatang Pahat Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teguh Presetyo Teguh Ranusastra Asmara Teguh Winarsho AS Temu Penyair Timur Jawa Tengsoe Tjahjono Theresia Purbandini Thowaf Zuharon Tia Setiadi Tita Maria Kanita Tjahjono Widarmanto Tjahjono Widijanto Tony Herdianto Tosa Poetra Tri Purna Jaya Triyanto Triwikromo Tu-ngang Iskandar Tulus S Ulfatin Ch Umbu Landu Paranggi Umi Kulsum Universitas Indonesia Universitas Jember Urwatul Wustqo Usman Arrumy Utami Widowati UU Hamidy Veronika Ninik Vien Dimyati Vino Warsono Virdika Rizky Utama Vyan Taswirul Afkar W Haryanto W. Herlya Winna W.S. Rendra Wahyu Heriyadi Wahyu Hidayat Wahyu Utomo Walid Syaikhun Wan Anwar Wandi Juhadi Warih Wisatsana Wawan Eko Yulianto Wawancara Wayan Budiartha Wayan Supartha Wendoko Wicaksono Adi William Bradley Horton Wisnu Kisawa Wiwik Widayaningtias Wong Wing King Y. Wibowo Yang Lian Yanuar Yachya Yetti A. KA Yohanes Sehandi Yona Primadesi Yopie Setia Umbara Yos Rizal Suriaji Yoserizal Zein Yosi M Giri Yudhi Fachrudin Yudhi Herwibowo Yulia Permata Sari Yurnaldi Yusri Fajar Yuval Noah Harari Z. Afif Zacky Khairul Uman Zakki Amali Zamakhsyari Abrar Zawawi Se Zehan Zareez Zen Hae Zhou Fuyuan Zul Afrita